Thursday, January 26, 2012

60% Google+ User Sign In Setiap Hari?

Share

Dengan 90 juta pengguna, sepertinya Google+ sedang dalam keadaan yang baik. Angka tersebut tidak berarti banyak kok.
Vic Gundotra, Google+, sepertinya memberikan beberapa informasi dengan memposting sebuah gambar yang mengatakan "60% sign in setiap hari" dan "lebih dari 80% sign in setiap minggu", namun sepertinya Google agak kabur mengenai apa yang dimaksud dengan 60% dan 80%, entah itu adalah jumlah pengguna Google+ sign in ke Google+ atau mereka sign in ke Google (atau mungkin itu berarti sesuatu yang benar-benar berbeda).

Kalau dilihat pertama kali, beberapa pakar mengannggap bahwa interaksi setiap harinya Google+ mencapai angka 60% yang lebih tinggi dari Facebook dan tentu saja sebuah angka yang Google inginkan. Namun hal ini lebih rumit dari itu. Dalam sebuah  pembicaraan ditelepon, CEO Google Larry Page juga tetap tidak memperjelas mengenai hal ini (secara sengaja?), tapi memberikan cukup informasi untuk menjelaskan bahwa  angka-angka tersebut memiliki arti yang cukup berbeda dari apa yang orang-orang perkirakan.

Apakah Google Sengaja Tidak Jelas?

Ini apa yang dikatakan oleh Page, menurut transkrip pembicaraan dari hubungan telepon:
"Penggunaan + juga sedang berkembang dengan pesat. Saya memiliki beberapa data menakjubkan yg dapat dibagi mengenai hal tersebut. Pengguna + sangat terkait dengan produk kami - lebih dari 60%nya sign in setiap harinya dan lebih dari 80%nya dalam seminggu."
Ini adalah apa yang dapat diartikan: para pengguna Google+ adalah fans berat Google. lebih 60%nya berhubungan dengan produk Google setiap harinya (Page mengatakan 'produk'). Jadi hal ini tidak berarti bahwa 60% dari pengguna Google+ menggunakan Google+ setiap harinya melainkan 60% dari pengguna Google+ menggunakan produk Google setiap harinya.

Google: No Comment

Mereka, tentu saja, menanyakan hal ini kepada PR Google namun Google menolak untuk berkomentar lebih jauh dari apa yang Gundotra dan Page sudah katakan.

Google+ memiliki banyak anti-fans diluar sana. Hal ini tidak membantu untuk mengambil hati mereka. Saat kit amembiacarakan jumlah pengguna, mengatakan 'kami memiliki 90 juta pengguna' tidak berarti banyak. Yang benar-benar penting adalah penggunaan tiap harinya. Banyak aplikasi yang mengklaim bahwa mereka telah didownload jutaan kali di iOS,contohnya, tapi itu tidak berarti mereka memiliki jutaan user aktif. Google dapat membantu dirinya sendiri dalam hal ini jika perusahaan itu mengklarifikasi angka-angka ini namun tampaknya mereka tetap memilih bungkam.

No comments:

Post a Comment