Monday, January 23, 2012

Android akan Segera Memiliki "Cydia" Tersendiri

Share
Tampaknya tidak lama lagi para pengguna ponsel maupun tablet yang berbasis Android akan memiliki aplikasi yang mirip dengan "Cydia" yang terdapat iOS yang telah dijailbreak. Karena untuk mendapatkan aplikasi di luar market yang dimiliki perangkat berbasis Android cukup mudah, tampaknya aplikasi ini akan lebih mudah dibuat daripada yang ada pada iOS.

Berdasarkan yang dikutip dari RedmondPie, Koushik Dutta, salah satu member penting dari proyek CyanogenMod, sudah lama memikirkan apakah aplikasi alternatif Android Store harus dibuat atau tidak? Tetapi tampaknya kini dia sudah memutuskan akan membuat aplikasi tersebut. Dutta juga mengungkapkan keinginannya untuk "menghidupkan" aplikasi yang "dibunuh" secara tidak jelas oleh Google.

Karena pengguna firmware modifikasi dari CyanogenMod sudah melebihi angka 1 juta pengguna, mereka sedikit kesulitan untuk dana pengadaan server baru mereka untuk mendukung proyek mereka, sehingga mereka tergoda untuk bisa membuat sebuah aplikasi alternatif Android Store, untuk dapat membantu mereka dalam masalah finansial ini. 

Dutta dan timnya menyampaikan kalau Android Store alternatif ini akan seperti Cydia, dimana ada beberapa aplikasi yang gratis dan juga ada beberapa yang berbayar. Semuanya tergantung dari seberapa besar keterlibatan pengembang dan tingkat kerumitan dari aplikasi tersebut. Hasil dari penjualan aplikasi tersebut nantinya sebagian akan dipakai untuk membeli server maupun hardware baru untuk mendukung proyek CyanogenMod.



No comments:

Post a Comment