Sunday, January 22, 2012

Ponsel Sony Berikutnya akan Mensupport Glonass

Share
Sony telah mengumumkan kalau ponsel yang akan mereka luncurkan, akan diberikan kemampuan untuk memakai Glonass. Beberapa ponsel Sony yang sudah dikabarkan akan mensupport teknologi ini adalah Xperia S dan Xperia ION.

Untuk kalian yang belum mengetahui tentang Glonass, Glonass adalah suatu teknologi yang mirip dengan GPS yang dibuat oleh Amerika, sedangkan Glonass ini bisa dikatakan adalah GPS buatan Russia.

Seperti yang dikutip dari The Verge, sebenaranya teknologi Glonass ini bukanlah sesuatu yang baru dalam dunia telepon selular, karena Apple dan Motorola sudah lebih dulu menanamkan Glonass di dalam perangkat mereka, iPhone 4S dan Droid RAZR. Dengan ini secara tidak langsung Sony ingin menempatkan ponsel terbaru mereka sejajar dengan dua raksasa ponsel tersebut (Apple dan Motorola).

Dengan adanya Glonass ini, maka waktu yang diperlukan untuk sampai bisa menangkap sinyal satelit saat ingin memakai GPS akan lebih cepat. Karena Glonass memakai 24 satelit Russia untuk menambah kekuatan sinyal dari GPS yang memakai 31 satelit AS. 

Sebagai tambahan, seorang specialis dari Sony, Magnus Persson menyampaikan kalau Sony sudah bermitra dengan Qualcomm untuk mengujicoba teknologi ini di San Fransisko, dan mendapatkan hasil kalau kombinasi GPS dan Glonass akan dapat meningkatkan akurasi sebesar 50%. Persson juga menambahkan kalau Glonass ini hanya aktif bila berada di lokasi yang sulit terjangkau oleh satelit GPS, tentunya dengan hal ini akan menghemat baterai bila berada di lokasi yang dengan mudah dijangkau oleh sinyal satelit GPS.

No comments:

Post a Comment