Monday, January 16, 2012

CES 2012: Samsung Tengah Menggabungkan Bada dengan Tizen

Share
Seperti yang dilaporkan oleh sammobile, dalam sebuah wawancara di acara CES 2012, Senior Vice President Samsung, mengatakan kalau Samsung tengah bekerja untuk menggabungkan platform Bada dengan Tizen. Tetapi untuk kapan tanggal pastinya proses itu selesai, masih belum diungkapkan ke publik.
 
Berikut kutipan dari wawancara tersebut:
Kami pikir transisi ini akan selesai pada akhir tahun ini, karena bulan depan Samsung akan merilis sebuah gadget yang menjalankan platform Tizen dan akhir tahun ini akan menjadi tahun pertama Wave 3 dirilis untuk para konsumen.
Kang juga mengungkapkan kalau Tizen akan dapat mensupport aplikasi yang ditulis untuk platform Bada ketika transisi tersebut selesai dilakukan, bahkan termasuk aplikasi yang ditulis di SDK Bada yang lama. 
Untuk yang belum mengetahui apa itu Tizen, Tizen adalah sebuah platform yang berbasis Linux dan dilahirkan oleh OS Samsung Linux Platform (SLP). Pada September 2011, Intel dan Linux mengumumkan kalau mereka akan mengganti fokus mereka dari Meego ke Tizen. Sedangkan Meego, dikembangkan oleh Nokia yang berpartner dengan Intel saat ini.