Monday, January 30, 2012

Facebook Membunuh Banyak Jejaring Sosial

Share
Vincenzo Cosenza, seorang digital strategis Italia, yang pernah membagikan penelitian sosial medianya baru-baru ini meluncurkan edisi terbaru dari World Map of Social Networks miliknya.



Map itu memberikan kita sebuah gambar yang lebih jelas tentang kepopuleran berbagai macam jenis jaringan sosial dan secara tidak mengejutkan Facebook berada dibagian paling atas. Jaringan sosial itu berada diperingkat nomor 1 di 127 negara dari 136 negara yang ada didaftar.

Map tersebut menawarkan sebuah visualisasi dari pendominasian Facebook di seluruh Amerika Utara dan selatan, sebagian besar Afrika, Eropa, Australia dan beberapa bagian di Asia.



Dengan lebih dari 800 juta user aktid, sebuah angka yang terus bertambah, facebook terus melangkah disetiap bagian map, mengambil tempat dari penawaran lokal ataupun kompetitor internasional lainnya. Di bulan Juni Facebook telah mengalahkan Hyves dan menjadi jejaring sosial nomor 1 di Belanda, sementara bulan ini dia menendang Orkut dari posisinya yang dominan di Brazil. Facebook juga telah menemukan jalan baginya untuk ,melewati jaringan sosial mobile di Jepang, Gree, Mobage dan Mixi.

Eropa mendominasi angka Facebook dan memiliki pengguna paling banyak diseluruh benua dengan berada diangka 223 juta, diikuti oleh Amerika Utara di angka 219 juta dan Asia 202 juta pengguna.

Rusia telah menunjukan resistensi terhadap Facebook yang lebih baik dari pada negara lain, dengan 2 network lokal, V Kontakte dan Odnoklassniki berjuang mendapatkan perhatian dari pengguna jejaring sosial.

Jejaring sosial nomor dua dan tiga  berbeda-beda ditiap negara. Di Australia, Kanada, Finlandia, Norwegia, Swedia, Inggris dan Amerika, Twitter dan LinkedIn bermain kejar-kejaran dengan Facebook, sementara Badoo merupakan pilihan yang populer di bebera negara Eropa termasuk Italia, Austia, Belgia dan Spanyol. Orkut sekarang berada di nomor 2 di Brazil dan India.


Membandingkan tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya, angka jejaring sosial yang dominan berkurang dari 16 di 2009 menjadi 11 di 2010 dan meninggalkan kita dengan 6 di akhir 2011.


No comments:

Post a Comment