Wednesday, January 18, 2012

Rumor: Samsung Mungkin akan Mengakuisisi RIM

Share
Selama 12 bulan ini, begitu banyak rumor yang beredar di sekitar produsen BlackBerry, Research in Motion (RIM). Kali ini rumor yang beredar dari BGR adalah kemungkinan RIM akan diakuisisi oleh Samsung. Rumor tersebut mengatakan, kalau RIM akan menjual beberapa produknya atau bahkan keseluruhan perusahaannya kepada Samsung. Tetapi Jim Balsillie, tampaknya akan "keras" terhadap proses lisensi maupun akuisisi ini. Faktor utamanya adalah karena dia kemungkinan akan meminta di atas angka USD 10 Milyar.

Bila Samsung benar melakukan akuisisi terhadap RIM, maka Samsung akan mendapatkan sebuah OS yang akan membedakan dirinya dengan para pesaingnya. Saat ini Samsung membuat ponsel yang berbasiskan Android dan Windows, mirip dengan pesain mereka dari Taiwan, HTC Corp.

"Hal seperti ini juga pernah menjadi rumor, dan rumor ini tampaknya masuk akal karena Samsung sampai saat ini tidak memiliki OS tersendiri untuk smartphone mereka. Mereka sampai sekarang hanya menjadi reseller untuk Android dan Windows." Begitulah yang dikatakan oleh analis Morgan Keegan and Co. pada Bloomberg .

Sedangkan Tenille Kennedy, juru bicara RIM, dan juga Brett White, juru bicara Samsung, keduanya menolak untuk mengomentari rumor yang tengah beredar ini.

Tapi rumor ini kemungkinan besar hanya isapan jempol belaka, karena tampaknya pemain saham mau untuk memainkan harga saham dari RIM ini. Selain itu juga, sudah terlalu banyak rumor yang berjalan di sekitar RIM dalam waktu 12 bulan belakangan.