Saturday, January 21, 2012

Tutorial Melakukan Jailbreak iPad 2 dan iPhone 4S Menggunakan Absinthe

Share
Bagi kalian pengguna iPhone 4S dan juga iPad 2, tentu merasa sangat senang dengan rilisnya tool untuk melakukan jailbreak pada perangkat kalian, seperti yang telah kami informasikan di artikel sebelumnya.Selama beberapa minggu terakhir begitu banyak orang yang mungkin geregetan saat banyak developer yang bekerja untuk melakukan jailbreak pada perangkat A5 ini memberikan teaser mengenai perkembangan dari jailbreak iPad 2 maupun iPhone 4S. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan jailbreak perangkat A5 kalian menggunakan Absinthe:

Pertama-tama yang perlu kalian ketahui Absinthe adalah tools yang mensupport jailbreak untuk perangkat berikut ini:
  • iPhone 4S yang menjalankan iOS 5, 5.0.1 (9A405 dan 9A406).
  • iPad 2 WiFi/GSM/CDMA yang menjalankan iOS 5.0.1
Sebelum melakukan jailbreak, pastikan kalian untuk mem-backup seluruh data yang ada di perangkat kalian, karena tim developer jailbreak ini tidak bertanggung jawab bila terjadi masalah saat kalian melakukan jailbreak.

Langkah 1: Download Absinthe. Ekstrak seluruh file dan jalan aplikasinya.
Langkah 2: Hubungkan perangkat iPad 2 atau iPhone 4S kalian dengan komputer kalian. Lalu jalankan aplikasi Absinthe.

Langkah 3: Begitu perangkat kalian terkoneksi dengan komputer, kalian akan melihat tombol "Jailbreak" menyala. Klik tombol tersebut, dan proses akan berjalan dan di perangkat kalian akan muncul "Restore in Progress". Biarkan saja dahulu perangkat kalian melakukan prosesnya, karena proses tersebut kemungkinan dapat memakan waktu.

Langkah 4: Setelah proses "Restore" selesai, unlock perangkat kalian, lalu cari icon Absinthe, jalankan aplikasi Absinthe tersebut. Bila menjalankan aplikasi tersebut, maka akan langsung di arahkan ke website Greenpois0n, kemudian perangkat kalian akan otomatis reboot. Setelah reboot selesai, maka icon Absinthe akan berganti dengan logo Cydia.

Note: kalau kalian menerima pesan "error in establishing connection" saat mengakses aplikasi Absinthe pertama kali, bersabarlah karena kemungkinan server website sedang mengalami traffic yang tinggi. Sebagai alternatifnya kalian bisa mengatur setting pada perangkat kalian untuk otomatis menampilkan pesan error bila hal tersebut tersebut terjadi dengan ke SETTING > GENERAL > NETWORK > VPN lalu aturlah VPN kalian menjad on. Dengan melalukan hal tersebut, sebuah pesan error akan muncul dan perangkat kalian akan otomatis reboot, yang kemudian kalian bisa mengklik icon Absinthe kembali begitu proses reboot selesai.

Langkah 5: Proses jailbreak kalian sudah selesai, dan kalian bisa menginstall tweak favorit kalian melalui Cydia.
Untuk yang ingin melihat video tutorial dari proses jailbreak ini (dalam bahasa Inggris) silahkan lihat video di bawah:

1 comment: