Tuesday, January 31, 2012

Tutorial Memasukkan Font Baru pada BlackBerry

Share

Pasti banyak di antara kalian yang ingin untuk memasukkan font lain pada BlackBerry kalian. Beberapa di antara kalian mungkin sudah ada yang menggunakan aplikasi lain untuk menginstall font baru. Tetapi ternyata kalian dapat memasukkan font baru secara manual. Di bawah ini adalah cara untuk memasukkan font baru secara manual:

Yang harus disiapkan:
  1. "Disabled" kompresi memori BlackBerry kalian (Options>Memory>Compression>"Disabled").
  2. Download file manager untuk BlackBerry kalian (seperti FileScout, bisa kalian download di sini).
  3. Setelah FileScout terinstall, kalian akses "store>appdate>rim>", lalu buatlah folder fonts di dalam folder rim tersebut.
  4. Setting Windows kalian agar bisa melihat ekstensi dari sebuah file  di "Control Panel>Folder Options>View", lalu hilangkan contreng pada "Hide extensions for known file type".
Cara menginstall font:
  1. Carilah file untuk font kalian yang berekstensi .ttf (bisa didapatkan dari banyak situs seperti WebPagePublicity, UbuntuFont, dan lain-lain).
  2. Setelah font yang kalian inginkan didownload, ubahlah ekstensi .ttf menjad .font (misalnya di sini xenotron.ttf > xenotron.font).
  3. Lalu copy file yang telah diubah ekstensinya tersebut ke folder font yang tadi telah dibuat ("store>appdate>rim>fonts"). 
   4. Setelah itu, reboot BlackBerry dengan menekan tombol alt+shift kiri+del.
   5. Setelah itu voila font baru kalian sudah bisa dipilih di menu font yang ada di BlackBerry kalian.

nb: bila kalian mengganti font lain lagi, ternyata masih ada bagian yang belum terganti fontnya coba di reboot kembali BlackBerry kalian (karena saya juga mengalami hal yang serupa.)

No comments:

Post a Comment