Friday, February 24, 2012

Biaya Pembuatan iPhone Hanya US$ 30?

Share
Dengan bantuan dari liputan yang dilakukan oleh ABC Nightline, Horace Dediu dari Asymco mencoba membuat perkiraan biaya yang dikeluarkan Apple untuk membuat satu unit iPhone. Angka yang ia dapatkan ternyata lebih besar dari yang ia dapatkan sebelumnya.

Estimasi dari Dediu sebelumnya untuk setiap unit iPhone, Apple hanya mengeluarkan US$ 8, tetapi setelah ada liputan dari ABC Nightline, dia sedikit mengkoreksi angka tersebut. Dengan menambahkan biaya yang dikeluarkan untuk gaji buruh disertai dengan laporan gaji rata-rata yang didapatkan ABC Nightline, yaitu  sebesar US$ 1,78 per jam. Dengan angka-angka tersebut, Dediu menyimpulkan, setiap unit iPhone yang diproduksi di Foxconn hanya menghabiskan dana sebesar US$ 30 (Rp 300,000) dari Apple. Tetapi kemudian Dediu menambahkan US$ 60 (Rp 600,000) untuk biaya transport per-unit iPhone tersebut.

Dengan menjumlahkan kedua angka tersebut dan melihat angka terendah yang dipatok oleh Apple untuk produk iPhone ini, maka kita bisa mengetahui setidaknya Apple mendapatkan US$ 650 (+/- Rp 6,5 juta) untuk setiap unit iPhone yang terjual. Angka yang luar biasa bukan?

Bagaimana pendapat kalian apakah harga iPhone yang kalian bayar kepada Apple termasuk over-price (kemahalan)?

No comments:

Post a Comment