Wednesday, February 22, 2012

Foxconn 'Menyembunyikan' Karyawan Mereka yang Dibawah Umur

Share
AppleInsider melaporkan kalau ada pegawai di Foxconn yang mengatakan kalau perusahaannya telah 'menyembunyikan' karyawan mereka yang dibawah umur saat ada pemeriksaan dari FLA. Project Officer dari Students & Scholars Against Corporate Misbehavior (SACOM), Debby Sze Wan Chan diberitahukan oleh dua orang karyawan Foxconn, kalau perusahaan tempat mereka bekerja telah melakukan persiapan sebelum inspeksi dengan 'menyembunyikan' karyawan di bawah umur.
 

Berikut adalah pernyataan dari Debby:
"Karyawan dibawah umur, antara 16-17 tahun, sengaja tidak diberikan jadwal lembur dan beberapa dari antara mereka ada yang dipindahkan ke departemen lain." 
Karyawan Foxconn lainnya mengatakan kalau dia diberikan waktu istirahat sebanyak 3 kali, sejak dimulainya inspeksi dari Foxconn, sebelumnya dia hanya memiliki 1 kali waktu istirahat. 

Sebelumnya CEO Apple, Tim Cook mengatakan kalau Apple begitu memperhatikan karyawan yang berada pada supplier mereka, tetapi pernyataan yang berlawanan diungkapkan oleh Debby:
"Sering kali karyawan di Foxconn melihat keberadaan orang-orang perwakilan dari Apple di dalam pabrik Foxconn. Masalahnya adalah bukan karena Apple tidak tahu kondisi pekerja di suplier mereka, tetapi Apple yang tidak mau tahu dengan kondisi pekerja di supplier mereka."

No comments:

Post a Comment