Friday, February 10, 2012

Indonesia Gandeng India untuk Proyek Perangkat Tablet Android Murah

Share

Sebuah perusahaan teknologi di India bernama Indian Institute of Technology (IIT) sempat merilis sebuah perangkat tablet di negaranya yang bernama Aakaash, yang berharga cukup terjangkau. Tablet tersebut juga cukup sukses di India karena efisiensi produksi dan harga distribusinya.
Karena kesuksesan perangkat tablet Aakaash tersebut, Indonesia tertarik untuk menggandeng IIT untuk memproduksi tablet Aakaash di Indonesia. India pun siap membantu hingga proses pengembangan produksinya.
Awalnya Aakaash memiliki prosesor 300 MHz, tapi untuk meningkatkan kualitas dan daya saing di Indonesia, Aakaash pun akan mendapatkan upgrade prosesor menjadi 1.2 Ghz. Harganya pun dipastikan akan bertambah mahal sedikit, yang awalnya $35 menjadi $60.

Aakash adalah tablet Android 2.2 Froyo dengan layar 7 inci. Tablet Android termurah ini juga punya spesifikasi cukup lumayan seperti RAM 256MB, slot microSD, dua buah slot USB. Baterai Aakash berkapasitas 2100 mAh yang mampu memberikan ketahanan selama 2 - 3 jam. Sampai saat ini Order tablet Aakash  di India sudah berjumlah 100.000 unit dan untuk kedepannya mereka (Pemerintah India) akan memproduksi beberapa juta lagi untuk menggantikan posisi kertas di bangku pendidikan India.

No comments:

Post a Comment