Monday, February 20, 2012

IPAD di China Aslinya Adalah Perangkat All in One PC

Share


Nama 'iPad' ternyata bermasalah di China, dikarenakan di negara tirai bambu tersebut, selama ini telah ada sebuah produk yang juga bernama IPAD, yang diproduksi oleh perusahaan teknologi bernama Proview International Holding Ltd. Namun IPAD ini bukanlah tablet, melainkan sebuah perangkat All in One PC yang mirip dengan All in One PC lain yang juga dijual tahun 1998, Apple iMac. Perangkat ini merupakan singkatan dari Internet Personal Access Device, oleh produsennya sudah mulai dijual sejak 1998. Hingga 2009, Proview telah memroduksi 10 ribu hingga 20 ribu produk iPAD.

IPAD dari Proview memiliki monitor CRT 15 inci dengan resolusi 800 x 600. Prosesornya 256MHz, memori RAM 32MB, media penyimpanan data 16GB, dua port USB, 2 jack RJ-11, ethernet, port microphone, dan earphone, port keyboard dan mouse, serta port untuk koneksi dengan printer. Sedangkan sistem operasinya berjalan dengan Linux atau Citrix.

Proview International Holding Ltd. juga memproduknya produk-produk lain yang berawalan 'i' seperti iDVD, iClient, iPDA, dan iNote. Sayangnya mereka kolaps di tahun 2010 yang disebabkan krisis ekonomi global. Saat ini mereka mengajukan tuntutan pada bea cukai setempat untuk memblokir ekspor dan impor iPad. Jika pengajuan Proview tersebut dikabulkan, bisa jadi kelak tak akan ada tablet Apple, iPad yang bisa beredar di dunia. Karena iPad yang dimanufaktur oleh Foxconn di China, tak bisa keluar dari China.

No comments:

Post a Comment