Monday, February 6, 2012

Kenapa Jam pada Iklan iPhone Selalu Menunjukkan Pukul 9:41?

Share

Jika kalian benar-benar teliti, kalian pasti telah menyadari kalau iklan dari Apple iPhone tampaknya selalu menampilkan jam yang serupa yaitu 9:42. Hal ini cukup aneh dan tentunya menjadi pertanyaan selama beberapa tahun.

Begitu banyak spekulasi dari fakta ini, dan dari begitu banyak jurnalis yang menanyakan ke pihak internal Apple untuk alasan mereka, tidak ada yang memberikan jawaban. Tetapi tentunya jam tersebut memiliki sebuah alasan bukan?

Seperti yang dikutip dari RedmondPie, salah seorang mantan eksekutif Apple, Bob Borcher, mengklaim kalau dia tahu alasannya. Pada salah presentasi yang dia adakan baru-baru ini, Borcher membeberkan alasan mengapa hampir semua foto produk iPhone menunjukkan waktu yang sama.

Menurutnya (Borcher), "jika kalian melihat sebuah iklan Apple, baik berupa brosur ataupun di TV, dan kamu melihat waktu yang ditunjukkan, waktu tersebut selalu 9:42 dan 9:42 adalah jam di mana kami meluncurkan iPhone." Hal itu mungkin saja benar, tetapi pasti ada hal lain yang lebih menarik.
Dengan sedikit Googling, kita bisa mendapatkan hal lain yang cukup menarik, VP dari Apple, Scott Forstall juga memberikan pernyataan yang mirip dengan Borcher. Tetapi Forstall sedikit menambahkan detail kalau 9:42 adalah jam di mana Apple ingin agar gambar-gambar dari iPhone dimunculkan pada layar besar saat event peluncuran dari produk Apple tersebut menyentuh menit ke-40.
Kami merencanakan peluncuran produk tersebut terjadi pada sekitar 40 menit saat presentasi produk. Ketika gambar produk yang besar muncul di layar, kami ingin waktu yang ditunjukkan sedekat mungkin dengan waktu yang terdapat pada jam penonton. Tetapi kami tahu, kalau tidak mungkin bisa untuk menyentuh tepat pada 40 menit.
 Cerita yang sama mungkin juga berlaku untuk iPad yang jamnya menunjukkan pukul 9:41.
Tampaknya orang-orang di Apple sangat memperhatikan detail-detail kecil seperti ini yah...?

No comments:

Post a Comment