Thursday, February 16, 2012

Kondisi Buruh di Foxconn Jauh Lebih Baik dari Pabrik Lain

Share
Kondisi buruh yang bekerja di Foxconn jauh lebih baik dari pabrik lain yang serupa, begitulah hasil audit dari Fair Labor Association seperti yang dikutip dari Reuters. Foxconn, pabrik yang memproduksi iPad tengah menjadi sorotan dunia karena beberapa kasus yang terjadi pada para buruh di pabrik tersebut, mulai dari banyak buruh yang bunuh diri, ledakkan yang mematikan dan juga kondisi kehidupan para buruh yang menyedihkan. Tetapi hasil audit yang dilakukan oleh Fair Labor Association (FLA), ternyata memberikan hasil yang mengejutkan.

Berikut pernyataan dari Presiden FLA, Auret van Heerden:
"Fasilitas di sana benar-benar yang terbaik; kondisi fisikal di sana juga di atas rata-rata[...]Saya sendiri terkejut saat menginjakkan kaki di pabrik Foxconn, situasi di sana begitu tenang bila dibandingkan dengan pabrik garmen. Jadi tampaknya masalah yang terjadi di sana bukan karena tekanan maupun lingkungan yang sangat panas seperti di pabrik garmen, tetapi sepertinya masalah tersebut mungkin disebabkan oleh keadaan yang begitu monoton, kebosanan para pekerja, atau mungkin bahkan kegilaan para buruh sendiri."
FLA sendiri masih akan terus mengaudit situasi di Foxconn sampai kurang lebih tiga minggu ke depan. Sebanyak 30 orang auditor dari FLA juga akan secara acak mewawancara para buruh di sana mengenai gaji, kondisi hidup mereka, keadaan emosional mereka, dan tanggapan mengenai manajemen di pabrik.

No comments:

Post a Comment