Friday, February 17, 2012

Laporan Gartner: Vendor Nokia dan OS Android Memimpin di 2011

Share


Analis Gartner telah mempublikasikan laporan tahunan pasar perangkat mobile untuk Thaun 2011. Tahun lalu menjadi tahun smartphone, di mana sekitar sepertiga perangkat mobile yang terjual secara global adalah perangkat smartphone. Gartner meramalkan untuk tahun 2012 ini akan meningkat menjadi 39%.
Untuk vendor ponsel, dilaporkan bahwa Apple mampu meraih pangsa sebesar 5%, sementara Nokia kehilangan hampir 5% dari tahun sebelumnya. Samsung memiliki pangsa yang kuat yaitu sebesar 17%, sama seperti pada tahun sebelumnya. 


ZTE dan Huawei merupakan dua perusahaan yang pada tahun lalu tercatat memiliki pertumbuhan yang paling tinggi. Berkat kebangkitan pasar China, kedua perusahaan mampu meraih pangsa hampir 7% secara global. Sementara HTC juga mampu tumbuh dari 1,5% di tahun 2010 menjadi 2,3% di tahun 2011 lalu.

Untuk vendor RIM, LG dan Sony Ericsson memperoleh hasil yang kurang baik, di mana RIM masih berjuang hingga saat ini terutama karena tertundanya Blackberry 10 dan ketiadaan basis pengembang. Sony dan LG masing-masing akan segera merilis produk terbaru mereka seperti Xperia S dan Optimus 3D 2 yang tentu saja diharapkan mampu mengangkat pangsa kedua perusahaan tersebut.





Dalam hal sistem operasi mobile, baik Android dan Apple memperoleh peningkatan signifikan, sementara Symbian mengalami hal yang sebaliknya. Lebih dari separuh smartphone di dunia adalah Android (50,9%), sementara Apple naik 8 poin menjadi 23,8%. Perlu diketahui di sini bahwa laporan ini tidak memperhitungkan OS yang dibenamkan di perangkat lain seperti tablet. Selain itu Apple memperoleh pangsa ini seorang diri dengan iPhone-nya, sementara Android memperoleh pangsa dengan cara bersama-sama dari berbagai vendor ponsel.

No comments:

Post a Comment