Thursday, February 2, 2012

Perangkat Android Akan Hadir Tanpa Tombol

Share
Di masa mendatang perangkat berbasis OS Android, termasuk tablet dan smartphone, tidak akan diberikan tombol menu seperti yang ada pada perangkat android saat ini. Pengguna Android tak akan lagi menekan tombol fisik untuk menampilkan menu. Semua tombol menu akan tersedia di layar. Hal ini telah dinyatakan secara resmi oleh Google melalui blog resmi developer Android.
Saat ini Google telah mengembangkan sistem operasi (OS) Android terbaru, versi 4.0 Ice Cream Sandwich yang memiliki tampilan homescreen baru. Langkah ini juga mengindikasikan usaha Google untuk mengurangi fragmentasi pada ekosistem Android. Perangkat layar sentuh akan membuat mata pengguna hanya terkonsentrasi pada apa yang ada di layar. Ini membuat sebagian orang melupakan tombol fisik yang berada di luar layar.

Ketika tiba-tiba mereka harus menekan tombol menu, mereka akan sedikit kebingungan mencari tombol menu di layar. Selang beberapa detik, barulah mereka sadar bahwa tombol menu berada di luar layar. Ini dialami kebanyakan pengguna Android, bahkan yang telah lama menggunakan Android. Inilah salah satu alasan lain Google untuk tak menggunakan tombol menu fisik di perangkat Android di masa depan.

Kemungkinan besar, tombol fisik yang tersisa pada perangkat Android di masa mendatang hanyalah tombol Power dan tombol pengatur Volume.

Dalam isi Blog resmi developer Android, Google mengatakan bahwa Anda harus berhenti berpikir tentang segala kegiatan yang menggunakan tombol menu. Karena, tombol menu pada Android akan diintegrasikan dengan action bar yang berada di layar. Menurut Google, langkah ini dilakukan agar semua pengguna Android mendapatkan pengalaman bernavigasi yang sama.

Google pun menyampaikan bahwa semua aplikasi yang dibuat untuk OS Android sebelum versi 3.0, tidak dapat menjalankan fungsi tombol menu pada perangkat yang sudah menggunakan OS Android versi 3.0 ke atas. Sebab, ada perbedaan sistem navigasi pada tombol menu ini.

Karena alasan ini, Google meminta para pengembang untuk segera melakukan update aplikasi buatan mereka agar kompatibel dengan Ice Cream Sandwich.

No comments:

Post a Comment