Wednesday, February 15, 2012

Pihak Bea Cukai China Sulit untuk Melarang Ekspor iPad

Share
Reuters mengabarkan kalau Proview Technology di China tengah berusaha untuk bisa melarang impor maupun ekspor iPad dari dan ke China. Tindakan yang diambil oleh Proview ini merupakan buntut atas tuntutan pemakaian nama 'iPad' di China, pihak Proview bersikeras kalau Apple telah melanggar hak cipta, karena walaupun Apple telah membeli nama iPad dari Proview di Eropa, perusahaan di Eropa tersebut dianggap tidak berhak atas pengaturan nama iPad di China.

Kalau tindakan yang diambil oleh Proview ini berhasil, tentu ini merupakan pukulan yang sangat telak bagi Apple, karena seperti yang kita ketahui kalau iPad dibuat oleh pabrik di China. Walaupun demikian, pihak bea cukai di China memberikan pernyataan kalau pihak bea cukai di China tidak bisa mengimplementasikan tuntutan tersebut. Yang Long-shan, kepala dari Proview Technology, menelepon Reuters dan menyampaikan hal berikut:
"Pihak bea cukai sulit untuk mengimplementasikan larangan ekspor maupun impor tersebut, karena penduduk di China sangat menyukai produk Apple. Pangsa pasar yang dimiliki oleh Apple terlalu besar."

No comments:

Post a Comment