Wednesday, February 8, 2012

Ponsel Apa yang Paling Tahan Uji Terhadap Cuaca Dingin?

Share
Belum lama ini telah dilakukan uji coba terhadap beberapa handset dalam berbagai merek ponsel untuk melihat sejauh mana ketahanan perangkat terhadap kondisi cuaca dingin yang kerap kali dialami di negara-negara Eropa. Ada 15 ponsel yang diuji, termasuk ponsel yang populer seperti iPhone, Samsung Galaxy, hingga ponsel yang didesain khusus untuk tahan kondisi ekstrim.
Proses pengujian dilakukan dengan cara menurunkan suhu lingkungan dari nol derajat hingga minus 40 derajat celcius, bertahap setiap 5 derajat dicatat kondisi masing-masing handset mengalami masalah ataukah tidak. Setelah mencapai suhu nol derajat, semua ponsel yang diuji masih dapat beroperasi dengan baik. Sedikit masalah mulai muncul saat suhu di minus 5 derajat celcius, daya baterai Nokia N9 hampir habis, dan iPhone 4S mulai mengalami masalah pada SIM card. Pada titik minus 10 derajat celcius, ponsel andalan Apple tersebut akhirnya mati total. Setelah suhu makin diturunkan, semua layar LCD pada ponsel yang diuji mengalami masalah terkecuali ponsel yang menggunakan layar Amoled dinyatakan lebih tahan.



Pada gambar di atas, kolom sebelah kiri menunjukkan waktu pertama kali sebuah ponsel menemui masalah, sementara di sisi kanan ditampilkan suhu saat sebuah ponsel benar-benar berhenti beroperasi. Hasil akhir, hingga suhu sampai pada titik akhir pengujian minus 40 derajat celcius, secara mengejutkan hanya Nokia C1-01 dan Nokia E65 yang masih bisa bertahan, walaupun dalam "perjalanannya", sempat mengalami beberapa masalah. Sementara Samsung Galaxy Xcover mampu menunjukkan kualitasnya sebagai ponsel tangguh karena merupakan satu-satunya ponsel yang bisa beroperasi tanpa masalah sepanjang perjalananya hingga akhirnya "menyerah" di suhu -35 derajat Celcius.

No comments:

Post a Comment