Friday, February 10, 2012

Tips Menghindari Efek Radiasi Handphone

Share
Sejak awal booming penggunaan handphone/telepon selular, perdebatan mengenai adakah efek yang ditimbulkan dari radiasi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh handphone. Sayangnya setelah lebih dari sepuluh tahun, hal ini masih belum ada kesimpulan akhir. Tetapi tidak ada salahnya bukan bila kita 'sedia payung sebelum hujan' untuk efek negatif yang mungkin nantinya ditemukan?

Berikut beberapa tips untuk menghindari atau setidaknya mengurangi radiasi elektromagnetik handphone:
1. Sedikit bicara melalui handphone.
Semakin sedikit kita berbicara semakin sedikit pula radiasi yang diterima oleh tubuh saat kita melakukan panggilan maupun menerima panggilan.
2. Jangan menyimpan handphone di dalam saku celana.
Hindari menyimpang handphone di dalam saku celana, jika kalian memakai jaket, simpanlah di dalam saku jaket kalian atau bila kalian memiliki tas lebih baik lagi simpanlah di dalam tas kalian, bila kalian tidak punya keduanya, well belilah sendiri salah satunya.
3. Tunggu sampai panggilan diterima.
Tunggulah sampai panggilan telepon kalian diterima, sebelum kalian menempelkan handphone kalian ke telinga, karena handphone akan bekerja lebih keras saat mencoba melakukan panggilan.
4.  Jangan menggunakan handphone di tempat yang susah sinyal.
Hindari melakukan panggilan ataupun menerima panggilan di tempat yang sinyalnya sulit, seperti di basement gedung atau di dalam lift. Karena bila tempat tersebut sangat susah untuk menerima sinyal, handphone akan otomatis lebih keras dalam memancarkan gelombangnya untuk mencari sinyal.
5. Perhatikan jarak menggunakan handphone.
Saat menggunakan handphone untuk menerima atau melakukan panggilan, usahakan agar jangan menekan handphone kalian terlalu keras ke telinga. Lebih baik lagi kalau kalian bisa menerima/melakukan panggilan melalui speaker phone.
6. Headset bluetooth.
Walaupun radiasi yang ditimbulkan bluetooth lebih kecil dari yang ditimbulkan handphone kalian ada baiknya  untuk tidak secara terus-menerus memakai headset kalian saat tidak melakukan/menerima panggilan.
7. Berkirim pesanlah lebih banyak.
Dengan menggunakan komunikasi melalui teks, kalian bisa menjauhkan posisi kepala kalian dari handphone kalian.
8. Jauhkan anak-anak.
Tengkorak anak-anak masih muda dan lebih lembut, jadi ada baiknya bila kalian memiliki anak kecil, usahakanlah agar anak-anak kalian tidak terlalu sering menggunakan handphone untuk berkomunikasi.  
9. Makan makanan anti-oxidant
Perbanyaklah makanan yang mengandung anti-oxidant tinggi, karena radiasi elektromagnetik diketahui dapat mengurangi anti-oxidant yang terdapat di dalam tubuh. 
 

No comments:

Post a Comment