Monday, March 12, 2012

Apple Sulit Mendekati Penjualan Samsung di China

Share

Apple tampaknya mengalami kesulitan untuk mengejar angka penjualan Samsung di China. Dikabarkan kalau pangsa pasar yang dimiliki oleh Samsung 3 kali lipat lebih besar dari yang dimiliki oleh Apple saat ini. China saat ini telah menjadi pasar yang sangat menggairahkan bagi para vendor ponsel besar dunia.

Berdasarkan laporan dari Bloomberg, persentase penjualan smartphone Samsung di China mencapai angka 24.3%, sedangkan Apple hanya sebesar 7.5% saja. Sebelumnya Apple telah menjual iPhone melalui operator #3 di China, China Unicom, sejak 2009. Tetapi minggu lalu dikabarkan kalau iPhone juga akan mulai dijual oleh China Telecom, operator #2 di China dengan perkiraan pelanggan sekitar 129 juta orang. Angka tersebut sangatlah besar, tetapi masih belum seberapa bila dibandingkan dengan operator #1 di China, China Mobile, yang memiliki pelanggan lebih 650 juta orang.

Walaupun memiliki jumlah pelanggan terbesar di China, tetapi kenapa Apple tidak ingin menjalin kerjasamanya dengan China Mobile? Ternyata menurut laporan dari Sterne Agee, salah sumber mereka mengatakan kalau China Mobile sebenarnya mau bekerja sama dengan Apple, dengan satu syarat: Apple harus memberikan persentase keuntungan bagi China Mobile. Dan seperti yang sudah bisa diduga, Apple langsung menolak mentah-mentah tawaran tersebut.

Tetapi sebaliknya Samsung memiliki hubungan yang sangat akrab dengan ketiga operator terbesar di China tersebut, sehingga produk Samsung dapat mencapai lebih banyak orang di China, karena hal tersebutlah Apple tidak akan mungkin bisa mengejar penjualan Samsung di China dalam waktu dekat.

No comments:

Post a Comment