Friday, March 9, 2012

Apple Tidak akan Menggunakan A5X untuk iPhone 5

Share

Apple pada hari Rabu lalu telah mengumumkan new iPad pada sebuah konferensi pers di San Fransisco. iPad baru ini memiliki retina display, kamera yang lebih baik dan dibenamkan prosesor A5X. Prosesor tersebut memiliki dua CPU core, mirip seperti di A5, tetapi memiliki empat core untuk pengalaman bermain game dan operasi yang sangat lancar pada layar dengan resolusi tinggi. Sebelum-sebelumnya Apple selalu menggunakan chip yang sama antara iPad dengan iPhone, tetapi menurut laporan dari MacWorld, tampaknya chip A5X ini tidak cocok untuk sebuah smartphone dan kemungkinan Apple akan memilih chip lain yang lebih efisien untuk iPhone 5.

Linley Gwennap, pendiri dari badan analisis The Linley Group, mengatakan:
"Menurut saya chip baru ini hanya akan dipakai di iPad. Tampaknya mereka telah merencanakan hal seperti ini sebelumnya."
Gwennap meyakini kalau Apple menggunakan A5X karena tidak ingin menunggu pengembangan dari chip 28-nm. Salah seorang analis dari Mercury Research, Dean McCarron juga meyakini kalau A5X tidak akan digunakan pada iPhone generasi baru nanti, karena dia merasa tidak ada alasan teknis bagi Apple untuk membuat layar pada iPhone lebih baik lagi. Selain itu dia juga menyetujui keputusan Apple untuk tetap menggunakan CPU dual-core, karena menurutnya sebagian besar software Apple yang ada sekarang tidak didesain untuk prosesor quad-core.

No comments:

Post a Comment