Sunday, March 18, 2012

Keuntungan yang Didapat Appe dari Setiap 'New iPad' yang Terjual Lebih dari 50%

Share

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh iSuppli, Apple menghabiskan biaya produksi sebsar US$316.05 (sekitar Rp 3jt) untuk bisa membuat satu unit 'new iPad' 16GB Wi-Fi. Harga yang dipatok oleh Apple untuk perangkat tersebut di US adalah sebesar US$499, atau bisa dikatakan Apple mendapat keuntungan lebih dari 50% untuk setiap unit yang terjual.

Masih menurut iSuppli, untuk tipe 64GB LTE, Apple menghabiskan dana sebesar US$408.70 dan harga retail dari tipe tersebut di AS adalah sebesar US$829, yang berarti Apple mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar atas setiap unit iPad 64GB LTE yang terjual.

Walaupun begitu, dengan harga yang dipatok oleh Apple adalah sama seperti harga iPad 2 saat baru dirilis, maka margin keuntungan yang didapatkan Apple dari penjualan iPad generasi ketiga ini tidaklah sebesar saat mereka menjual iPad 2.

Yang menarik adalah peranan Samsung dalam menyumbangkan teknologinya di dalam iPad generasi ketiga ini, dikatakan oleh iSuppli, lebih dari 40% 'jeroan' dari iPad generasi ketiga ini berasal dari Samsung. Mulai dari Retina-display, prosesor A5X, dan NAND memory. Selain itu iSuppli juga merasa kalau baterai di dalam unit iPad terbaru ini juga berasal dari Samsung, bila ini benar, hampir bisa dikatakan setengah (50%) dari iPad generasi ketiga ini buatan Samsung.

No comments:

Post a Comment