Tuesday, March 20, 2012

Emoticon di BlackBerry Terancam Dihapus

Share

Lagi-lagi ada masalah di ranah hukum mengenai patent yang dipakai di smartphone. Kali ini Research in Motion (RIM) yang mendapatkan tuntutan. Seperti yang dikutip dari N4BB, Varia Holdings LLC adalah pihak yang menuntut RIM karena dianggap telah melanggar sebuah patent yang mereka miliki mengenai cara untuk menginput emoticon yang terdapat di dalam BlackBerry.

Patent yang dipegang oleh Varia Holdings ini adalah metode yang dipakai saat akan menggunakan emoticon seperti pada BlackBerry, yaitu di mana saat mengetik kode tertentu, maka kode tersebut akan langsung berubah jadi emoticon dan juga selain itu saat menekan tombol khusus, maka layar emoticon akan terbuka dan kita bisa memilih emoticon yang ingin dipakai.

Patent ini telah dimiliki oleh Varia Holdings sejak 2007 dan saat ini tengah menuntut RIM untuk membayar kerugian yang mereka alami karena RIM telah memakai patent mereka secara ilegal. Dalam tuntutannya mereka meminta agar semua perangkat yang diproduksi oleh RIM yang memiliki emoticons untuk dilarang penjualannya. Dokumen yang berisi tuntutan tersebut telah diajukan sejak 15 Maret lalu, tetapi sampai sekarang belum ada hakim yang melakukan tindakan atas tuntutan ini.

No comments:

Post a Comment