Monday, March 26, 2012

Microsoft Curang dalam Kontes #SmokedByWindowsPhone ?

Share
Kemarin kontes #SmokedByWindowsPhone diadakan di seluruh toko retail Microsoft yang ada di AS. Dalam kontes tersebut kalau kalian bisa menang atas Windows Phone dengan menggunakan smartphone miliki kalian, maka kalian berkesempatan untuk memenangkan sebuah laptop HP terbaru yang harganya di atas US$1000. Tetapi salah satu partisipan kontes tersebut menyatakan kalau Microsoft telah curang tidak mau mengakui kekalahan mereka dengan alasan yang tidak masuk akal.

Sahas Katta dari Skattertech mencoba untuk mengambil tantangan tersebut dengan Samsung GALAXY Nexus miliknya yang menggunakan OS Android terbaru dari Verizon, mengatakan:
"Karyawan di Microsoft Store yang melawan saya dalam tantangan tersebut mengatakan seperti ini: "tunjukkanlah dua keadaan cuaca di dua kota yang berbeda." Yang lebih cepat melakukannya, dialah yang menang. Karena tantanganya seperti itu, saya merasa sangat beruntung karena di layar home GALAXY Nexus saya terdapat dua buah widget penunjuk cuaca yang memperlihatkan keadaan cuaca di dua kota berbeda (San Jose, California dan Berkeley, California)."
Walaupun Sahas Katta berhasil menunjukkan keadaan cuaca di dua kota yang berbeda beberapa detik lebih cepat dari WP (karena fitur lock screen miliknya dimatikan), Microsoft menolak untuk menyatakan kemenangannya. Pertama disampaikan oleh karyawan yang berhadapan dengannya kalau WP menang karena "berhasil memperlihatkan keadaan cuaca di layarnya." Kemudian dia juga memperlihatkan layar GALAXY Nexus miliknya dan juga memperlihatkan hal yang sama. Setelah beberapa saat, tampaknya manager dari toko tersebut keluar dan mengatakan kalau dirinya kalah karena seharusnya dia memperlihatkan keadaan cuaca di dua kota dari negara bagian yang berbeda di AS.

Kontes #SmokedByWindowsPhone ini merupakan sesuatu yang 'out of the box' bagi dunia marketing dan Microsoft patut diacungi jempol akan strateginya ini. Tetapi kalau klaim dari Sahas benar, maka citra Microsoft bisa benar-benar jatuh dan Microsoft harus secara besar-besaran memperbaiki keadaan ini.

Bagi kalian yang berpikir kalau GALAXY Nexus milik Katta telah di root, dia menyatakan kalau dirinya tidak men-root Androidnya dan tidak menginstall aplikasi 3rd party untuk mendisable lock screen miliknya. Klaim disable lock-screen ini memang benar ada di fitur default dari Android 4.x dan kalian bisa melihatnya di bagian security Android 4.x.

No comments:

Post a Comment