Monday, March 12, 2012

Nokia Siapkan OS Meltemi Berbasis Linux

Share

Sistem operasi Symbian Series 40 dari Nokia yang dibenamkan pada ponsel-ponsel kelas menengah ke-bawha Nokia, kabarnya digantikan dengan OS baru dengan nama kode Meltemi. Meltemi akan dikembangkan pada platform perangkat lunak berbasis Linux dan difokuskan untuk ponsel murah dengan teknologi lebih canggih, sehingga diharap bisa menjembatani kesenjangan antara ponsel murah dan smartphone.

Diketahui dua pertiga dari penjualan ponsel secara global dihasilkan dari segmen ponsel fitur nan terjangkau. Sementara Nokia merupakan produsen terbesar di segmen ini, di mana saat ini dilaporkan telah terdapat sekitar 1,5 miliar ponsel di seluruh dunia menjalankan sistem operasi Series 40 milik Nokia.

Selain itu juga Nokia memang tak bisa hanya mengandalkan Windows Phone sepenuhnya. Smartphone Windows Phone pasti membutuhkan hardware yang tergolong mahal serta harus membayar lisensi ke Microsoft.
Apalagi, Windows Phone harus mengejar ketertinggalannya dari iOS dan Android yang saat ini masih mendominasi pangsa pasar smartphone global. Dan kini Nokia ingin mengambil pasar smartphone low-end pada tahun 2012 dengan pernyataan: "Kami berencana untuk memperkenalkan produk Nokia Windows Phone ke pasar baru dan lebih terjangkau pada 2012, seperti Nokia Lumia 610."

No comments:

Post a Comment