Thursday, March 8, 2012

Review dari Aplikasi Anti-Virus untuk Android

Share

Bila kalian pengguna smartphone berbasis Android, pasti sekali waktu kalian pernah khawatir apakah aplikasi yang kalian download dan install ke handset kalian memiliki malware. Tetapi sebenarnya kalian tidak perlu terlalu khawatir, karena Android sebenarnya memiliki fitur sandboxing yang akan menjaga sebuah aplikasi agar tidak terlalu merusak handset kalian. Tetapi, walaupun begitu Android tetap menjadi sasaran utama bagi malware dan virus, ini terlihat karena dari terus meningkatnya jumlah serangan ke platform Android akhir-akhir ini.

Serangan ini paling mungkin terjadi bila kalian sering mendownload aplikasi yang tidak ada di Android Market (atau sekarang Google Play), mungkin ada baiknya kalian mempertimbangkan untuk menginstall anti-virus pada perangkat Android kalian bila sering mendownload aplikasi di luar Android Market. Tetapi yang perlu diketahui, seperti di PC, anti-virus di Android tidak memiliki kualitas yang sama antara satu vendor dengan vendor lainnya.

Laporan yang belum lama dirilis oleh AV-Test mengungkapkan mengenai kualitas dari beberapa anti-virus Android yang terdapat di Market. Dari beberapa anti-virus yang ditest, diketahui kalau Kaspersky, Avast, Dr.Web, Ikarus, F-Secure, Zoner dan Lookout adalah yang paling baik karena bisa menangkal lebih dari 90% malware yang terdapat di Android.

Sedangkan aplikasi anti-virus yang paling buruk menurut laporan AV-Test ini adalah ALYac dan AntiVirus Free, yang hampir bisa dikatakan sama sekali tidak berguna dalam mendeteksi malware.

Jadi bagaimana dengan kalian, apakah kalian berkeinginan untuk menginstall anti-virus pada handset berbasis Android kalian?

No comments:

Post a Comment