Monday, April 2, 2012

Samsung Menghabiskan Lebih dari USD 9 Milyar untuk R&D

Share

Untuk bisa menjadi pemimpin dalam perkembangan teknologi, Samsung terus meningkatkan anggaran mereka yang dipakai untuk proses R&D (Riset dan Pengembangan Produk). Seperti yang dikutip dari MK.co.kr, departemen R&D di Samsung telah menghabiskan uang sebanya USD 9,1 Milyar (10,3 triliun Won) selama 2011. Ini adalah tonggak bersejarah, karena untuk pertama kalinya Samsung menghabiskan uang lebih dari 10 triliun won. Sebagai tambahan, Samsung juga menginvestasikan sebesar USD 20,1 milyar untuk pembangunan pabrik manufaktur mereka.

R&D sebenarnya adalah bagian yang paling vital dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi, hal ini mungkin sedikit berbeda dari Apple yang tidak terlalu mengandalkan riset mereka sendiri, tetapi masih dapat menikmati keuntungan yang besar. Apple dikatakan hanya menghabiskan investasi sebesar USD 2,4 milyar, jumlah yang sangat kecil bila dibandingkan dengan biaya investasi yang dihabiskan oleh Samsung.

Samsung juga kelihatannya adalah satu-satunya perusahaan teknologi yang terus meningkatkan investasi di bidang R&D mereka, sementara perusahaan pesaingnya seperti Sony dan LG, menurunkan atau hanya berusaha menjaga jumlah investasinya tetap stabil, tetapi secara keseluruhan bagian riset mereka semakin sedikit dibiayai risetnya.

No comments:

Post a Comment