Wednesday, May 2, 2012

Apple Berencana untuk Menjadi Operator Selular?

Share
Langkah besar selanjutnya bukan di televisi ataupun industri perbankan, tetapi berdasarkan salah satu ahli teknologi seperti yang dikutip dari BGR, dikatakan kalau Apple tengah berencana untuk bisa memakan pasar dari operator selular dengan menjadi operator khusus bagi iPhone dan juga iPad.

Disampaikan oleh Whitey Bluestein, kalau Apple akan menjadi yang pertama dalam merambah pasar dari operator selular dan hal ini akan sulit diikuti oleh Google. Karena Google tidak memiliki jaringan retail seperti Apple, maka Bluestein mengatakan akan sulit bagi Google untuk bisa bersaing dengan Apple, bila hal tersebut benar dilakukan oleh Apple. Tetapi walaupun sulit, Bluestein menegaskan kalau dengan sumber daya yang dimiliki Google bisa saja mengambil langkah serupa, tetapi kemudian dia menambahkan kalau model bisnis seperti itu bukanlah ciri dari Google.

Untuk memperkuat rumor tersebut, Bluestein mengatakan pada tahun 2006 lalu, Apple pernah mengajukan sebuah patent mengenai arsitektur jaringan, yang sampai saat ini belum disetujui. Bila patent tersebut telah disetujui, maka bisa merupakan salah satu batu loncatan bagi Apple untuk terjun dalam bisnis operator selular. Satu-satunya yang menjadi hambatan bagi Apple untuk terjun dalam bisnis selular menurut Bluestein adalah subsidi yang begitu besar diberikan oleh operator selular terhadap iPhone, karena menurutnya setiap operator yang menjual iPhone di AS memberikan subsidi rata-rata sebesar USD 381 untuk setiap unit iPhone.

Bagaimana menurut kalian bila informasi ini benar? Apakah langkah Apple ini dapat mematikan bisnis para operator selular?

No comments:

Post a Comment