Tuesday, May 8, 2012

Google Sooner, Salah Satu Prototipe Handset Android Pertama

Share

Seorang pengembang bernama Steven Troughton-Smith telah mengungkap salah satu ponsel yang merupakan cikal bakal dari Android yang dikembangkan pada tahun 2007 yang lalu. Handset prototipe ini bernama Google Sooner, yang memiliki papan ketik fisik seperti halnya pada handset Blackberry.

Google Sooner merupakan referensi perangkat Android paling pertama dan menjalankan versi Android. Handset tersebut diproduksi oleh HTC dan nama aslinya adalah HTC EXCA 300. Spesifikasi hardware yang dimiliki adalah prosesor OMAP850 dengan 64MB RAM, QVGA non-touchscreen display, kamera 1.3 MP dengan kemampuan video recording, full QWERTY keypad dengan tambahan D-pad, Home, Back, Menu serta Favorites button, miniSD card slot, serta mini-USB port ala HTC model lama. Juga disebutkan telah memiliki dukungan jaringan EDGE, namun masih belum mendapatkan dukungan jaringan Wi-Fi ataupun 3G.
Pada akhirnya, handset ini bukan jadi ponsel Android yang pertama dirilis, karena perangkat Android pertama yang hadir ke publik adalah HTC Dream/HTC G1. Namun demikian beberapa fitur aplikasi di Google Sooner juga hadir dalam HTC G1 seperti Notification bar, Google Search bar serta clock widget.









No comments:

Post a Comment