Tuesday, May 1, 2012

Indonesia Pasar Terbesar Smartphone di Asia Tenggara

Share
Salah satu badan riset pasar yang berfokus pada wilayah Asia Tenggara, GfK, memberikan laporan mereka mengenai pertumbuhan pasar smartphone yang terjadi di 7 negara regional Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja dan Vietnam. Pertumbuhan di ketujuh negara tersebut bervariasi antara 40%-400% bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

GfK, melaporkan kalau sekitar 7,7 juta unit smartphone yang bernilai sekitar USD 2,4 milyar, terjual pada kuartal pertama 2012, di mana Indonesia merupakan pasar terbesarnya dengan menyumbangkan sekitar USD 1,4 milyar di kuartal pertama 2012. Tetapi angka tersebut masih bisa lebih tinggi lagi, karena tingkat penetrasi smartphone di Indonesia belum tinggi atau dengan kata lain, masih sedikit pengguna smartphone di Indonesia.

Temua GfK yang lainnya adalah pertumbuhan smartphone di Asia Tenggara ini, sangat didominasi dengan perangkat yang berbasis layar sentuh yang mencapai 71% dari keseluruhan smartphone yang terjual selama kuartal pertama 2012. Selain itu lebih dari 2/3 smartphone yang terjual di Asia Tenggara selama tiga bulan pertama 2012 ini, memiliki kamera beresolusi 8MP ke atas.

Mr. Tan dari GfK menyatakan, penjualan smartphone di Asia Tenggara akan terus meroket, karena penetrasinya sendiri belum, tinggi di seluruh kawasan regional ini. Dengan populasi yang begitu padat di Asia Tenggara, tentunya ini akan menjadi pasar yang menggiurkan bagi para vendor smartphone dunia.

No comments:

Post a Comment