Tuesday, May 22, 2012

MIT Merancang Konsep Ponsel Yang Bisa Dirakit Sendiri

Share


Para ahli dari dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menciptakan sebuah desain ponsel yang bisa dirakit sendiri oleh penggunanya. Desain yang disebut sebagai do-it-yourself (DIY) ini menggunakan desain open source untuk sirkuit ponsel dan casing ponsel. Saat ini perangkat lunak yang dikembangkan baru mendukung panggilan suara, meskipun SMS dan fungsionalitas lainnya masih bisa ditambahkan dengan hardware yang sama.

Proyek ini dikatakan bertujuan untuk melihat seberapa dekat sebuah proyek buatan sendiri bisa hadir pada desain sebuah perangkat canggih, seberapa ekonomis pengembangan perangkat high-tech dalam jumlah kecil, bagian mana yang bahkan tersedia untuk konsumen individu, serta apa yang dibutuhkan bagi para pengguna untuk meng-custom dan merakit perangkatnya sendiri.


Ponsel DIY rancangan MIT ini bisa menggunakan kartu SIM standar dan bekerja dengan semua jenis jaringan GSM. Untuk layarnya sendiri menggunakan layar warna berukuran 1.8 inci dengan resolusi 160×128 piksel.


Setidaknya apa yang dilakukan para ahli di MIT ini suatu saat nanti memiliki nilai sentimental tersendiri bagi para pengguna ponsel, di mana akhirnya mereka dapat merakit ponsel buatannya sendiri.


No comments:

Post a Comment