Wednesday, May 30, 2012

Sharp Bikin Ponsel Pendeteksi Radiasi Nuklir

Share


Belajar dari bencana kebocoran reaktor nuklir Fukushima, Jepang, tahun lalu, salah satu vendor terkemuka di negeri matahari terbit tersebut, Sharp tergerak untuk merilis sebuah ponsel yang diberikan fitur khusus untuk mendeteksi radiasi nuklir di sekitarnya. Dengan ponsel yang memiliki nama PANTONE 5 107SH ini, pengguna tak perlu lagi memakai alat khusus pendeteksi radiasi yang biasanya juga berukuran besar.

Ponsel Sharp tersebut akan dijual oleh operator Softbank, yang mengatakan tingkat radiasi masih mengkhawatirkan, terutama bagi ibu dan anak-anak. "Ancaman dari bencana nuklir tidak bisa dilihat oleh mata manusia dan ini terus menjadi sumber kekhawatiran banyak orang," kata Masayoshi Son, pendiri dan presiden Softbank, dalam keterangan pers di Tokyo,  Selasa (29/5/2012).

Sharp PANTONE 5 107SH merupakan Smartphone yang berbasiskan Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan akan dibekali dengan layar seluas 3,7 inci. Spesifikasi lainnya yang juga turut dihadirkan diantaranya adalah kamera belakang 4MP dengan resolusi 854×480 dan kamera depan 0,3MP. Selain dibekali fungsi untuk menangkap radiasi antara 0.005 dan 9,99 uSv/h, Sharp Pantone 5 juga didesain sebagai Smartphone Android anti air dan debu.

Menurut rencana, ponsel merek PANTONE 5 107SH ini akan dilempar ke pasar Jepang pada pertengahan tahun. Akan tersedia pula dalam delapan warna yang cerah, namun mengenai harganya masih belum diungkap.




No comments:

Post a Comment