Thursday, June 21, 2012

Beberapa Fitur Baru di OS Windows Phone 8

Share


Microsoft baru saja mengumumkan sistem operasi mobile terbarunya dengan nama Windows Phone 8. Untuk memberikan persaingan di pasar smartphone yang semakin ketat, fitur-fitur baru pun diberikan ke dalam sistem operasi mobile terbaru besutan Micosoft ini, yang juga dalam rangka untuk menambal kekurangan-kekurangan pada Windows Phone versi sebelumnya.



Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang hadir pada OS Windows Phone 8:

1. Dukungan prosesor multi-core
Kekuataan prosesor dengan performa tinggi dan stabil pada smartphone kini semakin dibutuhkan. Maka dari itu, dengan kehadiran OS Windows Phone 8 ini maka akan mampu mendukung mendukung dual-core, quad-core, dan secara teoritis juga akan bisa mendukung 64-core.

2. Dukungan resolusi layar 720p
Windows Phone 8 mendukung tiga teknologi resolusi layar, yakni WVGA (800x480 pixel), WXVGA (1280x768 pixel) dan True 720p dengan aspek rasio 15:9 dan 16:9.

3. Dukungan memori eksternal MicroSD
Di Windows Phone 8, smartphone akan menyediakan slot MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan data 16GB, 32GB, bahkan mendukung hingga 64GB.

4. Antar muka Metro versi terbaru
Dengan masih mengusung antar muka Metro yang khas dengan ciri kotak-kotak, namun di Windows Phone 8 ini mempunyai beberapa perubahan seperti tombol start yang baru, lalu pengguna bisa memperbesar atau mengecilkan ikon untuk widget yang lebih lapang.

5. Browser Internet Explorer 10
Micosoft memberikan browser Internet Explorer 10 pada OS WP8 yang diklaim akan lebih halus dan kencang dibandingkan dengan browser pesaing lainnya. Juga diberikan fitur keamanan yang bisa mendeteksi pencurian data online dan filter SmartScreen, yang siap memperingatkan pengguna untuk tidak mengunjungi situs berbahaya.

6. Fitur pengenalan suara
Seperti halnya Siri di iPhone dan S Voice di ponsel Samsung, maka Microsoft pun turut menghadirkan fitur yang mirip-mirip asisten digital yang dapat membantu penggunanya melakukan pencarian dan mendengarkan e-book dengan perintah suara.

7. Integrasi yang lebih mendalam terhadap Skype
Microsoft telah mengakuisi Skype dan dengan kehadiran OS Windows Phone 8, Skype akan mengalami integrasi yang lebih mendalam.

8. Peta digital mode offline
Microsoft bekerja sama dengan Nokia menghadirkan fitur peta Nokia Maps di OS terbarunya ini, yang kabarnya dapat diakses dalam kondisi offline.

9. Dukungan NFC dan 'dompet mobile'
OS Windows Phone 8 akan mendukung jaringan Near Field Communication (NFC) yang bisa menyediakan layanan dompet online sendiri, dan menawarkan pengalaman membeli suatu produk dengan menggunakan handset yang mendukungnya.

No comments:

Post a Comment