Thursday, June 28, 2012

Beberapa Fitur Baru Pada Android 4.1 Jelly Bean

Share

Berbarengan dengan perangkat tablet Nexus 7, Google juga mengumumkan Android 4.1 Jelly Bean. Pada Android versi teranyar ini, Google memberikan tambahan-tambahan fitur dan kapabilitas yang lebih baik pada sistem operasi Android mereka. Selain fitur "Offline Voice Typing" dan "Project Butter" yang telah diulas sebelumnya, ada beberapa fitur baru lainnya yaitu:
Widget yang semakin inovatif.

Widget pada Android Jelly Bean kini hadir semakin inovatif, karena dapat menyesuaikan ukuran secara otomatis dengan ruang yang tersisa di layar. Jika di layar Home ada ruang tersedia namun ikon apps Anda menghalangi jalan, widget akan mendorong mereka secara otomatis ke bagian sudut. Apps dan widget juga dapat disingkirkan dengan menjentikkan mereka keluar dari layar.

Google Search dan Google Now

Google Search kini telah mendukung  perintah dengan suara. Ketika pengguna melakukan pencarian, pengguna akan memperoleh sebuah kartu berdesain minimalis. Menariknya, ketika pengguna menggesek ke kiri, kartu itu kan memperlihatkan kepada pengguna daftar hasil pencarian dari Google Search. Juga terdapat fitur Google Now yang dapat digunakan untuk menunjukkan daftar angkutan umum, informasi penerbangan, serta hasil olah raga. Singkatnya, Google tahu segalanya.

Sistem Notifikasi

Notifikasi di Jelly Bean hadir lebih pintar, misal jika ada MMS muncul, maka gambar dapat dilihat dalam ukuran penuh tanpa meninggalkan area notifikasi. Anda bahkan dapat melakukan +1 di sebuah notifikasi dan gambar dari Google+. Ketika pengguna mendapat panggilan tak tejawab, maka untuk menelepon kembali cukup melalaui bar notifikasi tersebut. Pada dasarnya Google telah mengkombinasikan sistem notifikasi terbaik yang sangat interaktif dan inbox yang terpadu.

Kamera & Galeri Foto lebih intuitif

Fitur zero shutter lag pada kamera kemampuannya ditingkatkan kembali di Jelly Bean. Dan untuk mengambil gambar/foto pun diklaim akan lebih intuitif. Dengan membawa tampilan antarmuka dan fungsi gerak baru, pengguna akan bisa dengan cepat melihat foto yang baru diambil dengan sapuan ke kiri. Selain itu pula juga dapat melakukan pinch to zoom untuk melihat seluruh foto dalam mode filmstrip.

Keyboard dan Voice Input

Keyboard pada Jelly Bean juga diklaim telah memiliki kemampuan prediksi kaya yang lebih baik dan lebih akurat serta kamus yang telah diperluas. Untuk fitur Voice Typing kini juga tersedia dalam modus offline., yang berarti pengguna tidak lagi memerlukan koneksi data untuk melakukannya, dan kinerja fitur ini juga tidak akan terpengaruh oleh kecepatan yang lambat.

No comments:

Post a Comment