Friday, June 29, 2012

Google Tidak Memiliki Margin Penjualan Nexus 7 Tablet

Share
Pada gelaran Google I/O Conference 2012, Google mengumumkan kehadiran tablet besutan mereka sendiri, yaitu Nexus 7 Tablet. Harga yang dipasang oleh Google pada Nexus 7 Tablet ini akan sangat membuat pusing para vendor Android tablet lainnya dan juga membuat banyak orang penasaran berapa margin (keuntungan) yang diperoleh Google dari penjualan Nexus 7 Tablet ini.

Tablet quad-core dengan prosesor Tegra 3, dijual oleh Google mulai dari USD 199 (kurang dari Rp 2 juta), dijual oleh Google dengan sama sekali tidak memikirkan margin yang diterima oleh raksasa Internet tersebut. AllThingsD melaporkan, Andy Rubin boss Google Android, menyatakan Google sama sekali tidak mencari keuntungan dari penjualan hardware mereka tersebut.
"Saat nanti tersedia melalui Google Play Store, sama sekali tidak ada margin yang kami dapatkan."
Andy Rubin menyatakan, Google hanya akan mengambil keuntungan dari penjualan film, musik, dan lainnya melalui Google Play Store serta tentunya melalui iklan yang ada. Lebih lanjut pula bahkan dikatakan, Google akan menanggung seluruh biaya pemasaran, sehingga hal ini bisa saja membuat Google justru harus membayar untuk setiap Nexus 7 Tablet yang terjual.

Lalu ketika ditanyakan apakah hal ini justru akan memberikan tekanan yang besar pada vendor tablet Android lainnya? Rubin hanya mengatakan masih ada banyak ruang bagi inovasi tablet Android lainnya.

No comments:

Post a Comment