Friday, June 29, 2012

Handset Blackberry 10 Ditunda Hingga Tahun Depan

Share
(Ilustrasi Smartphone Blackberry 10)

Research In Motion (RIM) pernah mengungkapkan bahwa handset yang mengusung OS Blackberry 10 akan hadir pada sekitar akhir tahun ini. Namun baru-baru ini RIM kembali mengkonfirmasi bahwa peluncuran handset yang dimaksud terpaksa mengalami penundaan hingga 2013 nanti.

RIM mengumumkan sistem operasi versi terbaru, BlackBerry 10, pada Mei 2012 lalu. Pengumuman ini mengindikasikan platform ini siap dirilis pada akhir tahun. Penundaan peluncuran handstet berplatform BB 10 ini disebabkan implementasi fitur terbaru. Integrasi fitur dan jumlah besar kode program platform ini disebut-sebut menghabiskan waktu lebih banyak dari perkiraan mereka.

RIM sendiri sebenarnya sempat memamerkan prototipe prototipe Blackberry 10 Dev Alpha pada ajang BlackBerry World 2012 di AS, pada awal Mei lalu. Beberapa bocoran ponsel BlackBerry dengan OS BB 10 pun telah beredar di Internet. Bocoran terbaru adalah BlackBerry "L-Series" dan "N-Series".

Penundaan BlackBerry 10 hingga 2013 mendatang tampak disambut rasa pesimistis para pengamat pasar. Mereka khawatir OS andalan RIM itu tidak akan mampu bersaing dengan generasi iOS dan Android terbaru nanti.

Persaingan akan berlanjut dan terus meningkat selama raksasa asal Kanada tersebut menyiapkan peluncuran BlackBerry 10 tahun depan. Sementara itu kompetisi akan terus maju di dunia gadget akan terus berlangsung dengan update OS BlackBerry 7 untuk mendekati ke OS 10. Beberapa fitur yang akan terus ditingkatkan oleh RIM akan berkisar pada sisi keamanan dan bukan kinerja untuk memenuhi kebutuhan para pekerjaan di perusahaan.

No comments:

Post a Comment