Saturday, June 23, 2012

Microsoft Dikabarkan Akan Merilis Smartphone WP8

Share

Microsoft sudah pernah merilis proyek ponsel KIN, namun sayangnya ponsel tersebut gagal di pasaran. Kini setelah mereka mengumumkan OS Windows Phone 8 dan memperkenalkan Tablet Surface, Microsoft dikabarkan mencoba untuk kembali di pasar smartphone dengan OS terbaru mereka tersebut.

Seorang analis Nomura bernama Rick Sherlund telah mengungkapkan hal ini dalam sebuah catatan khusus pada para calon investor:

"Sumber kami mengatakan bahwa Microsoft bisa jadi bekerja dengan produsen kontrak untuk mengembangkan handset sendiri bagi Windows Phone 8," ujar Rick Sherlund. Masih belum jelas apakah proyek ini merupakan sebuah reference platform atau merupakan handset yang dirilis secara langsung untuk pasar konsumen."

Sementara itu analis dari Business Insider berpendapat bahwa minimal ada 2 faktor yang membuat Microsoft berani untuk terjun ke pasar smartphone:

- Microsoft ingin menghasilkan lebih banyak uang dari software mobile buatan mereka, mengingat lisensi penggunaan Windows Phone tidak terlalu mahal. Microsoft akan mampu mencetak profit yang jauh lebih besar dengan mengadopsi strategi bisnis ala Apple.

- Partner terbesar mereka, yaitu Nokia, sedang di ambang kehancuran. Microsoft jelas butuh rencana cadangan bila hal tersebut akhirnya benar-benar terjadi.

Terjunnya Microsoft di ranah ponsel sebenarnya masuk akal, ujar analis lain. Sid Parakh, analis dari McAdams Wright Ragen, yang berujar bahwa jika benar Microsoft membesurtponsel sendiri, maka ihal tu akan menjadi sebuah tamparan untuk Nokia menjagokan software Windows di ponsel pintar mereka.

Pihak Microsoft sendiri masih enggan mengkonfirmasi kabar yang merebak itu. Sang juru bicara hanya mengatakan bahwa mereka menaruh kepercayaan pada partner hardwarenya dan bersama-sama berfokus membawa Windows Phone 8 ke market pada tahun ini.

No comments:

Post a Comment