Monday, June 11, 2012

Nokia Kapalkan Sebanyak 2,2 Juta Unit Ponsel Lumia

Share
IDC (International Data Corporation) telah menganalisis bahwa bahwa 2,2 juta ponsel Lumia terjual di kuartal pertama tahun 2012 ini. Angka 2,2 juta ini merupakan jumlah distribusi handset Lumia ke para retail. Jika jumlah tersebut akurat, maka berarti pemasaran Nokia Lumia memperoleh porsi sekitar 20% dari 11,9 juta smartphone yang telah dikapalkan oleh pabrikan Finlandia tersebut selama musim ini.

Angka 2,2 juta ini juga berarti peningkatan lebih dari 2 kali lipat bila dibandingkan dengan angka penjualan handset Lumia di tiga bulan pertama ketersediaannya yang hanya berjumlah sekitar 1 juta handset. Namun demikian, hasil tersebut masih belum bisa mengimbangi penjualan smartphone lain seperti jajaran Apple iPhone maupun Samsung Galaxy. Namun yang patut dipertimbangkan adalah bahwa ponsel Lumia masih termasuk pendatang baru di pasaran ponsel.

Kevin Restivo selaku analis di IDC menyebut bahwa masih terlalu dini untuk menilai apakah Nokia Lumia sukses atau tidak. Masih dibutuhkan sekitar minimal dua kuartal lagi untuk mengukur kesuksesan Lumia di pasar. Jajaran seri Lumia juga dipertanyakan apakah akan mampu menarik minat lebih banyak orang mengingat di paruh kedua tahun 2012 ini akan muncul iPhone baru ditambah kehadiran lebih banyak handset Android quad-core dengan basis Tegra 3 atau Exynos.

IDC juga menyatakan bahwa puncak yang sesungguhnya bisa jadi setelah peluncuran Lumia 900 di AS, yang tampaknya bisa dengan mudah mendongkrak angka penjualan tersebut. Satu yang pasti, jika ingin mempertahankan penjualan smartphonenya dalam jangka pendek, mungkin  Nokia tetap harus mengapalkan Nokia 808 PureView lebih banyak lagi ke pasaran global.





No comments:

Post a Comment