Sunday, June 10, 2012

Saham Nokia Melonjak Karena Rumor Akuisisi oleh Samsung

Share
Ada rumor yang sedikit aneh mengenai Nokia, karena rumor ini pulalah saham Nokia di Finlandia naik sebesar 6%. Rumor tersebut adalah mengenai kemungkinan perusahaan asal Finlandia tersebut diakuisisi oleh pemimpin pasar smartphone saat ini, Samsung. Sebenarnya tahun lalu pun, rumor mengenai akuisisi Nokia oleh Samsung telah beredar, perbedaannya pada saat ini nilai Nokia masih mencapai USD 24 Milyar, sedangkan sekarang hanya sekitar USD 11 Milyar, angka yang sangat mungkin bisa dipenuhi oleh Samsung.

Tetapi, seperti yang dikutip dari Reuters, salah satu analis dari Ovum, Nick Dillon, menyatakan: "Samsung saat ini sedang jaya-jayanya, rasanya tidak mungkin mereka mau mengakuisisi Nokia. Keuntungan yang mungkin didapat oleh Samsung dari Nokia hanyalah daftar patent yang mereka miliki atau hanya pabrik-pabrik manufaktur mereka saja. Tetapi untuk menyatukan banyak perbedaan dari kedua perusahaan kelihatannya sangatlah sulit dilakukan."

Tampaknya pandangan dari Nick Dillon tersebut benar, rasanya tidak mungkin Samsung mau mengakuisisi Nokia, karena kelihatannya kalau mungkin Nokia diakuisisi bukan dilakukan oleh Samsung, tetapi oleh Microsoft yang beberapa saat ini telah berhubungan sangat dekat dengan Microsoft.

No comments:

Post a Comment