Monday, July 9, 2012

Google Nexus 7 Dibuat dengan Part Seharga USD 184

Share
Tablet yang memegang nama Google Nexus yang pertama ini membuat banyak orang terkejut dengan penempatan harganya yang sangat murah. Bahkan tidak lama setelah diluncurkan, Andy Rubin menyampaikan kalau Google bisa saja justru harus membayar setiap perangkat Nexus 7 Tablet yang terjual. Pertanyaannya apakah mungkin sebuah perusahaan menjual suatu produk dengan harga jual di bawah ongkos produksi?

Well, orang-orang di Fudzilla, membongkar Nexus 7 dan memperkirakan berapa total ongkos yang dihabiskan oleh Google untuk satu buah Nexus 7 Tablet. Ternyata harga hardware yang dipakai di Nexus 7 Tablet mencapai USD 184 khusus untuk Nexus 7 dengan kapasitas memori 8GB yang berarti sedikit di bawah harga yang dipasang oleh Google sebesar USD 199. Tapi perlu dicatat kalau total harga tersebut belum termasuk biaya riset ataupun marketing yang dilakukan oleh Google untuk perangkat ini.

Lebih lanjut dikatakan pula mungkin benar kalau Nexus 7 Tablet dengan kapasitas 8GB memiliki margin yang teramat tipis atau bahkan tidak ada sama sekali, tetapi Fudzilla mencatat kalau Google menjual Nexus 7 Tablet dengan kapasitas 16GB dengan harga USD 249, yang berarti Google mencharge USD 50 untuk tambahan memori sebesar 8GB, nah disinilah Fudzilla mengatakan kalau Google memiliki keuntungannya sendiri.

Yah walaupun begitu dengan prosesor quad-core Tegra 3, Nexus 7 Tablet ini masih merupakan penawaran tablet paling menarik yang ada di pasaran saat ini. Walaupun saat ini belum masuk Indonesia.

No comments:

Post a Comment