Wednesday, July 25, 2012

Konsep Perangkat Mirip iPhone dan iPad Sudah Lama Dimiliki Nokia

Share

Ternyata 7 tahun sebelum Apple meluncurkan iPhone, manager desain Nokia sempat mempresentasikan sebuah konsep perangkat ponsel dengan layar sentuh warna dan sebuah tombol fisik. Bahkan pada akhir tahun 1990-an, Nokia sebenarnya juga mengembangkan produk komputer tablet dengan koneksi wireless dan layar sentuh, serupa dengan tablet iPad.

Akhirnya Apple lah yang mewujudkan perangkat konsep tersebut dengan pertama kali menghadirkan smartphone iPhone, dan  Nokia pada awalnya bahkan sempat meremehkan kehadiran perangkat tersebut. Beberapa pihak pun menyayangkan mengapa Nokia terlambat mengeksekusi dan menghadirkan inovasinya itu.

Paul Jacobs, CEO Qualcomm berpendapat bahwa Nokia menghabiskan waktu terlalu lama untuk  keperluan riset dan pengembangan, namun sayang produk-produk hasil riset tersebut jarang diwujudkan ke pasaran.

Namun kemudian muncul pertanyaan, andai saja perangkat yang mirip dengan iPhone dan iPad benar-benar dirilis oleh Nokia 10 tahun yang lalu, akankan perangkat dari Nokia ini akan sukses seperti halnya Apple dengan iPhone dan iPadnya saat ini?

No comments:

Post a Comment