Tuesday, July 10, 2012

Mantan Karyawan Nokia Dirikan Jolla Untuk Proyek Ponsel MeeGo

Share
Beberapa mantan karyawan Nokia dikabarkan tengah membentuh semacam team untuk membuat perusahaan bernama Jolla. Perusahaan baru ini pun akan bekerjasama dengan komunitas developer MeeGo untuk mengembangkan dan menjual smartphone berbasis MeeGo.

Jolla akan dipimpin Marc Dillon sebagai COO. Marc Dillon sebelumnya adalah karyawan Nokia yang telah bekerja hampir 11 tahun, dan merupakan insinyur kunci untuk MeeGo (MaeMo) sejak Januari 2006.

MeeGo merupakan sistem operasi berbasis Linux Kernell. Banyak kalangan menyebut MeeGo memiliki kemiripan dengan Android. Baik MeeGo maupun Android memiliki basis yang sama yakni Linux Kernell.

Bersama dengan rekanan dan investor internasional, Jolla akan mendesain, mengembangkan, dan menjual smartphone berbasis MeeGo. Namun Jolla tidak berafiliasi dengan Nokia sehingga tidak akan memberikan dukungan dan update untuk Nokia N9 atau N950.

Belum ada kabar resmi mengenai kapan ponsel MeeGo pertama dari Jolla akan mulai meluncur. Namun satu hal yang pasti, mereka harus melakukan kerjasama dengan banyak pihak untuk mewujudkannya.

No comments:

Post a Comment