Tuesday, July 17, 2012

Microsoft Mengembangkan Teknologi Bertarung Pedang Virtual

Share

Tim dari Microsoft Research tengah mengembangkan sebuah teknologi bertarung pedang secara virtual, yang diberi nama 'FAR'. Teknologi ini sudah diterapkan  dalam game bernama SwordFight. Teknologi ini berkonsep  pada penginderaan gerakan, atau akselerasi, sehingga berkelahi menggunakan tombak sambil naik kuda juga bisa dilakukan.

Cara kerja sistem ini adalah sebuah ponsel memancarkan aliran cepat yang berupa suara kecil, sementara ponsel lainnya mendengarkan suara tersebut melalui microphone. Kemudian sistem akan menghitung jarak dengan cara menghitung rentang waktu yang diperlukan suara tersebut ke microphone.

Tujuannya adalah untuk menusuk ponsel lawan secara virtual dengan menyodorkannya. Sebuah tusukan  dinilai berhasil bila berada di jarak 15 centimeter dan penyerangnya akan diidentifikasi menggunakan akselerometer.

Hal yang menarik dari teknologi baru ini adalah menggunakan kemampuan smartphone pada umumnya, yakni microphone, speaker dan akselerometer. Ini berarti SwordFight akan dapat digunakan diseluruh merek smartphone dan sistem operasi.

No comments:

Post a Comment