Saturday, August 4, 2012

RIM Tawarkan OS BlackBerry 10 Untuk Smartphone Lain

Share



Dalam rangka memperluas pengembangan OS BlackBerry 10, Research In Motion (RIM)  mempertimbangkan penggunaan sistem operasi BlackBerry terbaru tersebut untuk smartphone selain BlackBerry.  “Kami tidak punya skala ekonomi untuk bersaing dengan vendor yang merilis 60 tipe handphone tiap tahunnya. Untuk merilis BB10 kami mungkin saja melisensikannya ke pihak lain yang bisa melakukannya dengan proporsi biaya lebih baik dibandingkan kami. Kami sedang mempelajari beberapa pilihan untuk melakukan hal tersebut,” kata Thorsten Heins, CEO RIM.

Lisensi BlackBerry 10 ke vendor lain seperti bisa dianggap wajar untuk menambah pendapatan RIM, apalagi dalam laporan keuangan belakangan ini, kondisi finansial perusahaan sangatlah kurang baik yang juga diikuti anjloknya harga saham RIM yg sebelumnya sempat dijual $140/saham menjadi $7,25/saham. CEO RIM juga mengungkapkan bahwa kesulitan yang mereka alami ini disebabkan proses peralihan ke sistem operasi yang baru, BlackBerry 10.

Jika rencana ini berhasil dijalankan, ada kemungkinan handset BlackBerry akan menjadi lebih murah di seluruh dunia. Sistem operasi BlackBerry 10 sendiri rencananya akan meluncur pada awal tahun 2013 nanti. Smartphone pertama dari RIM yang akan menggunakan OS ini merupakan perangkat tanpa keyboard fisik, alias touchscreen.



No comments:

Post a Comment