Thursday, September 13, 2012

Apple iPhone 5 Telah Resmi Diumumkan

Share

Seperti telah diprediksi oleh banyak pihak sebelumnya dan menjadi berbagai macam rumor, akhirnya generasi terbaru smartphone Apple iPhone telah secara resmi diluncurkan di sebuah acara khusus di San Francisco, AS, Rabu (12/9/2012) waktu setempat. Perangkat yang dikenal sebagai iPhone 5 tersebut diumumkan oleh Philip Schiller selaku Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple.

iPhone 5 mengalami perubahan desain yang signifikan dibandingkan iPhone 4s. Hadir dengan ketebalan hanya 7,6 mm dan bobot 112 gram. Tubuhnya diselimuti oleh materi kaca dan aluminium. Ukuran layar pada iPhone 5 kini menjadi 4 inci dengan aspek rasio 16:9 sehingga fisiknya terlihat memanjang.

Resolusi layar yang dimiliki oleh iPhone 5 adalah 1136 x 640 pixel dengan kerapatan pixel 326 pixel per inci (ppi). Semua aplikasi bawaan di iPhone 5 telah diperbarui guna mendukung resolusi dan ukuran layar baru ini. Baris aplikasi di layar iPhone 5 terdiri dari 5 baris.

Dari segi hardware, iPhone 5 dibekali dengan prosesor system on chip (SoC) A6 yang diklaim akan memberi performa grafis dan kecepatan lebih cepat dua kali lipat dibanding prosesor A5 pada iPhone 4S. Sementara dari segi OS,  menggunakan sistem operasi mobile Apple iOS terkini, yakni versi 6.

Untuk kamera, bagian belakang iPhone 5 dibekali sensor kamera 8 MP dan bukaan lensa f/2,4. Peningkatan terbesar dari sisi kamera adalah kemampuan menangkap gambar yang lebih cepat. Dilaporkan akan mampu merekam video beresolusi 1080p, sedangkan kamera depannya 720p.

Fitur lain yang didukung oleh iPhone 5 adalah konektivitas jaringan Long Term Evolution (LTE), dengan sebuah chip tunggal, radio tunggal, dan antena "dinamis." Ponsel ini juga akan dilengkapi dengan wireless ultracepat, yaitu 5GHz 802.11n Wi-Fi. Dock konektor pada iPhone 5 juga dibuat lebih kecil jika dibandingkan iPhone 4S, dari ukuran 30 pin, diubah menjadi 8 pin. Apple tetap menyediakan adaptor penghubung dari dock konektor 8 pin ke 30 pin agar aksesori lama masih bisa digunakan. Dock konektor menjadi pusat untuk mengisi daya baterai dan sinkronisasi ke komputer serta aksesori lain.

iPhone 5 akan dirilis dalam warna hitam dan putih. Di AS, iPhone 5 akan dijual pada 21 September mendatang.dengan kontrak operator selama dua tahun. Seperti biasa, ada tiga versi iPhone yang terbagi atas kapasitas media penyimpanan, yaitu 16GB, 32GB, dan 64GB. Untuk iPhone 5  versi 16GB dibanderol dengan harga 199 dollar AS, 32GB dihargai 299 dollar AS, dan 399 dollar AS untuk 64GB.

Sementara di negara Singapura,  iPhone 5 juga akan sama dilepas ke pasaran pada 21 September nanti, namun tanpa kontrak dengan operator. Harga yang ditawarkan adalah sebesar  948 dollar Singapura atau sekitar Rp 7,4 juta untuk versi 16GB. Pre-order iPhone 5 di AS dan Singapura akan bisa dimulai pada tanggal 14 September besok.

No comments:

Post a Comment