Friday, September 14, 2012

Hal-Hal Baru Apakah yang Diberikan Pada iPhone 5?

Share


Apple iPhone 5 baru saja resmi diperkenalkan. Berbagai perubahan telah diberikan pada handset generasi terbaru iPhone ini, termasuk dalam hal spesifikasi hardware beserta fitur-fiturnya. Lalu perubahan-perubahan apakah yang telah diberikan pada smartphone Apple generasi ke-6 tersebut?

Body lebih tipis, ringan dan layar lebih besar

iPhone 5 hadir dengan ukuran layar lebih lebar dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya. Dengan ukuran layar yang lebih besar tersebut, maka akan memberikan lebih banyak ruang untuk informasi pada layar. Selain itu dengan ketebalan hanya 7,6 inci dan berat 112 gram, menjadikan handset ini lebih ringan dan tipis dibanding semua iPhone yang pernah rilis sebelumnya.


Prosesor Super Cepat

Chip A6 yang dipasang Apple di dalam iPhone 5 merupakan chip prosesor generasi terbaru dan tercepat dibanding chip lain yang pernah dipakai Apple. Selain itu juga memberikan performa grafis yang juga lebih baik dan tentu lebih cepat. 

Resolusi layar lebih tinggi

Dengan 326ppi dan layar Retina 1136x640 pixels, layar iPhone 5 memiliki densitas piksel 18% lebih rapat dibanding iPhone 4S. Juga memiliki color saturation 44% lebih baik dibanding pendahulunya.

Dukungan jaringan 4G LTE dan WiFi 2.4GHz - 5Ghz

Dengan LTE, iPhone 5 akan mampu bekerja lebih cepat dalam jaringan koneksi. Kemampuan download mencapai 100MBps dan berganti koneksi antara network jika dibutuhkan. Sementara itu dukungan untuk WiFi 802.11 a/b/g/n, n at 2.4GHz dan 5Ghz, upto 150 Mbps.

Kamera 8MP dengan fitur-fitur baru

Masih menggunakan sensor kamera 8MP, kamera di iPhone 5 berukuran 25% lebih kecil bila dibandingkan dengan di iPhone 4S. Tambahan fitur lain termasuk sebuah dynamic low-light mode yang mengombinasikan pixel untuk mendapatkan opsi dua f-stop (aperture) sehingga bisa menghasilkan foto yang lebih baik dalam kondisi pencahayaan rendah.

iOS 6 di iPhone 5

iOS 6 akan memulai debutnya di perangkat iPhone 5. Meskipun iPhone model lama tetap bisa terupdate iOS 6 tetapi Apple mengatakan bahwa iOS 6 dikhususkan untuk layar lebar iPhone 5.

Desain Dock Connector baru

30-pin dock connector yang telah berumur 12 tahun kini telah diganti dengan Lightning yang merupakan  kabel konektor 8-pin yang ukurannya jauh lebih kecil dari pendahulunya. Ini adalah sebuah dock connector teknologi baru yang dikembangkan Apple dan debut di iPhone 5. 

Tiga Buah Mikrofon, peningkatan speaker, dan hands-free EarPods

iPhone 5 dilengkapi 3 mikrofon: satu di bagian bawah, dua di bagian atas - masing-masing di bagian depan dan belakang. Hal ini sengaja dilakukan Apple untuk meningkatkan kualitas voice recognition dan noice reduction. Untuk audio playback, Apple juga meningkatkan kulitas speaker iPhone 5 yang kini dilengkapi 5 magnet dalam transducer, desain baru dengan ukuran lebih kecil. Ukuran speaker iPhone 5 terhitung 20% lebih kecil dibanding di iPhone 4S. Selain itu juga  iPhone 5 hadir dengan sebuah earphone baru yang dinamakan sebagai EarPods.

No comments:

Post a Comment