Tuesday, October 30, 2012

Android 4.2 Resmi Diperkenalkan

Share

Selain memperkenalkan beberapa hardware gadget baru, Google juga memperkenalkan software sistem operasi Android terbarunya Android 4.2 yang masih menggunakan nama Jelly Bean. Walaupun pada versi terbaru ini punya banyak kesamaan dengan sistem Android 4.1, tetapi diberikan penambahan sejumlah fitur baru. Apa saja fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh OS Android 4.2 ini?

Miracast
Fitur utama dalam Android 4.2 adalah Miracast, sebuah bentuk protokol yang membolehkan perangkat baru semacam Nexus 4 untuk melakukan streaming audio dan video pada televisi yang mempunyai fitur Miracast. Fitur ini memiliki kemiripan dengan Airplay dari Apple. 

Photo Sphere
Seperti pada iOS, Android kini memiliki tool baru yang akan membantu Anda membuat gambar panorama. Dalam sistem operasi Android 4.2 ini, Anda dapat mengambil foto segala arah – perbaikan pada fitur panorama di iOS 6 – dan mereka akan disatukan ke dalam “bidang foto” yang memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi gambar yang Anda ambil sebagai foto dengan putaran 360 derajat . (Jika Anda pernah menggunakan aplikasi Microsoft Photosynth, kedengarannya aplikasi ini lebih banyak seperti itu.)

Gesture Typing Keyboard
Fitur baru lain yang terdapat pada Android 4.2 adalah Gesture Typing Keyboard. Sebenarnya fitur mirip dengan swipe keyboard yang sudah lama diperkenalkan, tetapi Google menyempurnakannya dalam Android 4.2 dengan memberikan akurasi yang lebih baik dan respon yang lebih cepat.

Multiple User 
Google juga telah menyematkan fitur multiple user pada OS Android Jelly Bean 4.2 ini. Dalam situs resmi Android, Google menjelaskan bahwa fitur ini dihadirkan untuk menghadirkan homescreen, background, widgets, aplikasi serta game yang berbeda untuk masing-masing personal. Untuk berpindah dari satu user ke user lain pun mudah dan tidak perlu logout. Sayangnya, fitur ini hanya bisa dinikmati pada perangkat tablet.

Daydream
Daydream adalah sebuah fitur baru yang diperkenalkan Google di Android 4.2 Jelly Bean. Dengan Daydream, perangkat Android akan mampu menampilkan informasi berguna dengan tampilan keren, saat idle atau diletakkan di dock. Tampilan tersebut bisa berupa koleksi foto, berita terbaru dari Google Currents, dll.

Google Now
Mungkin Google Now bukanlah fitur baru, karena telah hadir sejak Android 4.1 Jelly Bean. Namun fitur Google Now ini telah diperbarui oleh Google, sebagai contoh, pada Weather, kini tak hanya memberitahukan cuaca hari ini, namun juga perkiraan cuaca hari ini atau esok. Cukup banyak tambahan fitur di Google Now.

Google Search tampilan baru
Google Search di Android 4.2 Jelly Bean kini semakin pintar. Anda bisa mencari bermacam konten di internet menggunakan fungsi voice dan hasil pencarian akan diberikan ke hadapan Anda dalam waktu singkat. Google voice akan membacakan hasil pencarian pada Anda tak lepas dari dukungan Knowledge Graph.

Notifikasi
Notifikasi di Android 4.2 menjadikan Anda raja yang mampu mengontrol semuanya. Anda cukup swipe down dari atas screen untuk melihat semua notifikasi yang masuk.

Fast and smooth
Google mengibaratkan pembuatan Android 4.2 menggunakan bantuan mikroskop sehingga menghasilkan detil tanpa cela. Dengan Android 4.2, Anda akan mendapatkan pengalaman Android yang cepat, mulus dan mengalir bagai air. Beralih dari homescreen dan berpindah antar aplikasi, semuanya bisa Anda lakukan dengan cepat layaknya membuka halaman-halaman dalam sebuah buku.

Foto dan video Beam
Fitur Android Beam telah diberikan pada Jelly Bean 4.1 dan kini Anda bisa mendapatkan new Beam untuk lebih mudah berbagi foto dan video dalam sekali tap. Tak hanya itu, new Beam memberikan Anda kemudahan untuk share contacts, web pages, YouTube videos, directions dan apps. Untuk menikmati fitur ini, cukup sentuhkan bagian belakang dari perangkat Android Anda yang dilengkapi fitur NFC lalu tap untuk mengirim sembarang konten yang ada di screen perangkat Android.

Widgets
Widgets di Android 4.2 bekerja seperti sihir. Artinya, Anda bisa dengan mudah kustomisasi dan mengatur homescreen sesuai keinginan Anda. Saat Anda menempatkan sebuah widget di homescreen, widget lain yang telah ada di homecreen akan ‘minggir’ sehinga Anda tidak perlu lagi mengatur satu per satu icon dan widget yang adadi homescreen. Atau, jika widget terlalu besar ukurannya, Android 4.2 akan secara otomatis resize ukurannya.

Accessibility
Untuk zoom atau pan keseluruhan screen sehingga Anda bisa melihat konten dengan lebih jelas, Anda bisa mengaktifkan screen magnification. Cukup tap 3x pada screen maka konten akan tampil lebih dekat ke mata Anda. Untuk pengguna yang mengalami kelemahan pada penglihatan, bisa dipakai Gesture Mode sehingga bisa menavigasi UI menggunakan touch & swipe gestures dengan kombinasi speech output.


No comments:

Post a Comment