Saturday, October 6, 2012

Jolla Akan Umumkan Ponsel MeeGo Bulan Depan

Share

Kabarnya pada sekitar bulan depan, Jolla Mobile akan mengumumkan ponsel Meego pertamanya. Rencananya Jolla Mobile akan memamerkan kemampuan handphone Meego tersebut di Helsinki pada 21-22 November di ajang Slush.

Perlu diketahui bahwa Jolla merupakan sebuah perusahaan yang dibentuk oleh para mantan karyawan Nokia  yang mengembangkan OS MeeGo. MeeGo merupakan sistem operasi berbasis Linux Kernell. Banyak kalangan menyebut MeeGo memiliki kemiripan dengan Android. Baik MeeGo maupun Android memiliki basis yang sama yakni Linux Kernell.

Ponsel pintar berbasis OS tersebut sudah akan diumumkan.  Untuk tampilan di ponsel tersebut, Jolla menggunakan interface berbasis OS Sailfish. Selain itu SDK Jolla juga akan sekaligus diluncurkan. Dengan peluncuran SDK tersebut, para developer akan bisa mengembangkan aplikasi untuk OS Meego bikinan mereka.

Jolla juga diketahui akan berencana untuk melisensikan implementasi Sailfish dari MeeGo ke perusahaan lain termasuk juga beberapa vendor ponsel. Lisensi atas software tersebut dikatakan akan siap diberikan pada  tahun 2013 mendatang. Mari kita tunggu saja pengumuman dari pihak Jolla.

No comments:

Post a Comment