Thursday, January 3, 2013

OS Ubuntu Untuk Smartphone Resmi Didemokan

Share

Canonical telah secara resmi meluncurkan sistem operasi Ubuntu Linux untuk platform smartphone dengan fitur layar sentuh. Sistem operasi ini baru saja didemokan oleh Canonical di markas besarnya di London, Inggris. Sistem operasi Ubuntu Linux untuk smartphone ini akan menjadi salah satu sistem operasi yang mengusung semangat open source dan produsen dapat menggunakan Ubuntu Linux untuk smartphone tanpa harus membayar biaya lisensi.

OS Ubuntu untuk ponsel ini mendukung prosesor berbasis ARM maupun x86. Ubuntu phone OS juga disebut akan cukup kompatibel, sehingga para vendor perangkat Android akan bisa menjalankannya di perangkat yang diproduksi dengan hanya sedikit adaptasi.

Dalam hal desain bisa dikatakan bahwa OS Ubuntu memiliki tampilan dinamis yang berbeda dari Android, Windows Phone, maupun iOS. Multitasking juga diperkirakan akan menjadi salah satu andalan utama Ubuntu OS. Ada fitur pencarian global seperti pada webOS, ditambah perintah suara bawaan Canonical. Sejarah OS yang berasal dari PC juga diikutkan dalam fitur termasuk dukungan untuk dock monitor, papan ketik, hingga mouse.

Sistem operasi Ubuntu untuk smartphone ini akan hadir dalam dua versi. Yang pertama versi high end yang ditujukan untuk smartphone dengan spesifikasi tinggi, dimana dengan versi ini pengguna akan bisa merubah smartphone menjadi seolah-olah perangkat full PC. Smartphone Ubuntu untuk kelas atas minimal akan mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A9 atau Intel Atom SoC dengan memori RAM 1GB serat kapasitas penyimpanan 32GB.

Dan yang kedua adalah versi low end untuk smartphone dengan spesifikasi yang rendah. Spesifikasi minimal yang harus dimiliki adalah prosesor single-core 1GHz ARM Cortex-A9 SoC dengan memori RAM sebesar 512MB dan ruang penyimpanan sebesar 4GB atau 8GB. Kedua kelas smartphone ini juga akan mendukung slot microSD serta layar multi-touch.

Ubuntu menjanjikan bahwa superphone pertama dengan sistem operasi ini akan hadir pada tahun 2014 mendatang. Sementara ROM untuk platform pengembangan akan tersedia bagi Galaxy Nexus dalam beberapa pekan mendatang.



No comments:

Post a Comment